[9] Tuhan, (Maaf) Kami Berpura-pura

Aku bukan ahli biologi. I don’t even know how hormones really works. Apa dia hanya meloncat dari dendrit satu ke lainnya(Sebentar, ini syaraf bukan?) atau hanya menunggu pemicu. Aku sama sekali nggak paham jelasnya.

Yang pasti, ada radar tersendiri ketika seseorang yang menarik perhatian ada di sekitar. Apakah dia hanya terdiam, berjalan, mengobrol. Apapun. Secepat aku sadar, secepat itulah aku berbenah. Melembutkan perkataan, bertindak anggun, cepat-cepat shalat, membaca al-quran, being really a woman.

Tapi butuh beberapa waktu untuk menyadarkanku. That everything above, all the-shappy-things called…whatever you called, is unworthy. Sama sekali.

Aku memang bukan ahli biologi. Tapi fakta bahwa hormon bisa bekerja sedemikan rupa hanyalah karena kehendak Allah semata. Bagaimanapun caranya, Allah yang tahu jelas persisnya. Setiap detik. Bahkan saat kamu membaca ini-pun, saat aku mengetikkan inipun, Allah mengatur segala sesuatunya.

Suddenly I am confused.

Buat apa sebenarnya ibadahku? Karena ingin memberi impresi atau karena panggilan hati?

Seringkali aku melupakan kenyataan. Bahwa Allah memperhatikan. Allah melihat. Sekalipun hanya mengedipkan mata, Allah tahu persis.

Then shame got me.

Mengapa dengan zat yang paling peduli, sujudku hanya setengah hati? Menjunjung tinggi hedonisme, bersantai-santai ria, berpura-pura. Padahal impresi yang kutunjukkan belum pasti diperhatikan pun juga nggak akan terjadi tanpa kehendak-Nya.

…Pada akhirnya aku bersyukur. Atas kehendak-Nya pula aku mampu mengerti sedemikian ini. Walaupun (sangat) telat. Lebih baik begitu, daripada nggak sama sekali, kan ya? 🙂

Alhamdulillah. Alhamdulillah. Alhamdulillah.

 

Jakarta, 25 November 2015
P.S. Terinspirasi oleh “Mencintai-Mu” karya Kurniawan Gunadi di Buku Hujan Matahari

2 thoughts on “[9] Tuhan, (Maaf) Kami Berpura-pura

Leave a Reply

