Berhenti Mengesankan Orang Lain!

tumblr_lx59xlQaSK1r3i377o1_500_large

Kamu tidak perlu melakukan sesuatu hanya karena ingin membuat seseorang terkesan.

Kenapa? Karena banyak hal.

Pertama. Ketika kamu memutuskan untuk melakukannya, pasti ada target dalam anteriormu yang harus tercapai. Mungkin lantaran ingin orang-orang di sekelilingmu berfikir kamu hebat, atau lantaran ingin merasa lebih dihargai, atau lantaran–ehem–ingin orang yang kamu sayangi diam-diam mencintai kamu kembali. Sujujurnya, menentukan tujuan itu sangat bagus. Namun, di sini kamu harus menyadari batasannya. Lalu ketika kamu mencapai semua itu, apa yang akan kamu rasakan? Lega? Puas? Bahagia?
Menurutku sih, kamu bakal makin tertekan. Betapa tidak? Jika kamu dinilai orang berbakat di bidang ini mereka akan mulai mencapmu dengan bakatmu. Kemudian mereka mulai mengandalkanmu. Karena mereka memercayaimu, akhirnya kamu harus mengemban tugas yang lebih berat. Harus mencari cara yang lebih besar untuk lebih mengesankan mereka. Bukankah itu malah mempersulit diri? Menyengsarakan jiwa?

Kedua. Akibat yang kamu tanggung nanti akan lebih berat. Ini berhubungan dengan yang pertama, yah. Well, itu bagus jika usahamu akan sukses dan banyak orang mulai mengagumimu. Kalau tidak? Pastinya kamu akan merasa tertekan, tak diakui, dan kamu bakal mengutuk dirimu yang dulu karena telah melakukan hal yang nyatanya nggak ada guna.

Ketiga. Lantaran kebanyakan orang yang melakukan hal ini–termasuk kamu–akan keluar dari zona nyaman mereka. Keluar dari jati diri mereka sesungguhnya. Keluar dari imej dan karakter mereka. Keluar dari ‘mereka’ yang biasanya. Harus kuakui, hal itu bagus jika perubahan berujung dari kebiasaan buruk menuju baik. Namun, bagaimana ketika yang diinginkan hanya perhatian semata? Pastinya akan berdampak buruk, dong. Di satu sisi, ada tekanan yang menghinggapi karena kamu nggak bisa membohongi diri bahwa kamu nggak enjoy melakukannya. Di sisi lain, ada semangat muncul untuk membuat orang berfikir kamu hebat. Bukankah dua hal tersebut berbenturan? Tidak akan pernah bisa berjalan berdampingan? Lantas apa yang akan kamu lakukan jika semua itu nantinya berhenti di tengah jalan? Sekali lagi, tidak ada guna.

Keempat. Karena kamu melakukan ini untuk orang lain. Bukan untukmu. Ketika kamu melakukan ini hanya untuk membahagiakan mereka, itu bagus. Namun tanyakanlah pada dirimu sendiri, bahagiakah kamu melakukan ini? Cukupkah hal ini mampu membuat hidupmu terasa berarti?

Orang berkata untuk bersinar kita harus mencari langit yang paling gelap. Well, aku percaya bahwa setiap orang–termasuk kamu yang membaca–punya tempat untuk bersinar di manapun yang kamu suka. Prakaranya sekarang adalah kamu. Menjadi diri sendiri adalah hal yang paling sukar untuk kita jalani. Karena tidak mungkin semua orang akan setuju atau suka denganmu. Namun, di sini lah tantangannya. Di sini lah kisah hidup kita tertorehkan. Tidakkah menyenangkan apabila orang-orang lebih menghargai kamu apa adanya? Sekali lagi, jangan pernah membuat dirimu tersesat hanya untuk membuat orang bahagia sesaat.

Kenali dirimu dan bersinarlah sebagai ‘kamu.’

——————————————————————-

Sidoarjo, 16 April 2013 17:13
Terinspirasi dari buku ini
btw, nulis opini ternyata lebih lancar daripada ngerangkai cerita ya T.T

Advertisements

7 thoughts on “Berhenti Mengesankan Orang Lain!

  1. keren dek.. tapi memang seharusnya begitu.. kalau kita melakukan sesuatu demi orang lain, kita akan kecewa.
    kalau kita melakukannya demi Allah, demi diri kita sendiri. InsyaAllah kita akan diberi hasil yang memuaskan

  2. Bener sih, Kebanyakan orang yang ingin tampil wow dimata orang lain malah keluar dari zona nyaman mereka. Jadinya mereka yang bukan mereka.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s