The Lost Symbol

Resensi - The Lost Symbol
Resensi – The Lost Symbol

Judul Buku : The Lost Symbol
Penulis : Dan Brown
Genre : Adventure, Action, Thriller
Penerbit : Penerbit Bentang Pustaka
Tebal : 712 halaman; 23, 5 cm
Tahun Terbit: 2010
PS : Novel ini menyulut kontroversi antara anti-mason
dan kaum mason sendiri, lho!
Rating: 5/5

700+ halaman dengan peristiwa yang hanya terjadi semalam? Mungkin hanya Dan Brown yang dapat melakukannya.

lost symbol quotes (Indonesia)
lost symbol quotes (Indonesia)

The Lost Symbol adalah seri ke-3 Professor Robert Langdon melakukan aksi petualangannya. Di buku ini, Dan Brown banyak sekali menyelipkan simbol-simbol misterius yang selalu bisa dipecahkan oleh symbolog Harvard tersebut. Tak hanya simbol-simbol, nyatanya Brown juga menyelipkan pelajan moral dalam novel ke-5-nya. Ilmu noetic, mistis kuno, keanggotan freemason beserta ritual-ritualnya merupakan tiga tema terbesar yang penulis angkat dalam novel tebal ini.

Cerita dimulai dengan prolog tentang seorang yang mengikuti ritual mason karena niat jahat yang tersirat. Peristiwa ditelponnya Profesor Robert oleh asisten Peter Solomon-sahabat terdekatnya-untuk dapat terbang ke amerika saat itu juga. Lalu cerita mulai bergulir.. Tertipunya Robert Langdon, terculiknya Peter Solomon, pengancaman penculik dengan sesuatu penting yang hanya diketahui oleh Langdon, terlibatnya CIA, pencarian tempat-tempat tersembunyi gedung capitol, munculnya Warren Bellamy, nyaris tertangkapnya Catherine Solomon hingga akhirnya mereka(Robert dan Catherine) pergi ke gereja di dekat Massacchuttes untuk mendapatkan jawaban dari teka-teki dalam permainan tersebut.

Well, cerita tak berhenti di situ. Mungkin yang saya ceritakan hanya 400 halaman pertama. 300 halaman berikutnya dilanjutkan dengan amat apik oleh Dan Brown dengan penuturan latar, pemecahan kode dan serentetan peristiwa tak terprediksi yang berkaitan satu sama lain.

Jujur, ini pertama kalinya saya membaca novel detektif terjemahan. 700 halaman saya lahap selama 5 hari(masih lama ya?). Dan saya benar-benar menikmati halaman demi halaman yang saya baca. *Psst, saya sampe bela-belain baca di mobil dengan pencahayaan remang-remang, di hotel, di kolam renang, di bilik merenung πŸ˜† maklumlah saya baca waktu liburan awal* Meskipun ada beberapa kata dan kalimat yang saya nggak ngerti maksudnya, sungguh.. Membaca ini bener-bener bikin fikiran terlarut dalam cerita. Ikut terbawa suasana deh, pokoknya :mrgreen:

Banyak banget pelajaran baru yang saya dapet dari buku ini. Twsit conflict + twsist ending yang menginspirasi. Nggak ada peristiwa pasaran yang ikut ambil bagian dari runtutan kronologis. Intinya..

THE LOST SYMBOL IS TRULY RECOMENDED BOOK FOR YOU!
*kecuali yang sukanya sama genre romance, mending jangan beli nih buku. Romancenya mungkin 1/700 dari 700 halaman yang ada :lol:*

————————————————————————————————

Sidoarjo, Β 06-01-2013
Maaf ya kawan kalo resensi-nya jelek. Ini kali pertama nih. Mwehehe
Anyway, terima kasih buat lalak yang udah minjemin bukunya Β :3
Yuk sharing buku detektif favorit kamu di sini!

33 thoughts on “The Lost Symbol

  1. bagus koq Ri … πŸ™‚

    tapi mungkin karena saya lebih suka yang romantic romantic, jadi cukup baca resensinya saja ya … trims Ruri πŸ™‚

  2. aah, udah beberapa kali curi2 pandang novel ini di GM tapi belum juga jadi beli 😦
    padahal udah baca karya2 dan brown yang lain, ga lengkap rasanya kalau belum baca yg ini
    oh, ya. kamu ikut goodreads.com ga Ri? di situ kamu bisa bebas nyari buku yg mau diresensi πŸ™‚

    1. aiih, harus dibeli kak! sangat recomended sekalik<3 saya malah garagara ini jadi pengen baca karyanya yang lain πŸ˜†
      saya dulu pernah punya akun-nya kalo nggak salah. tapi bingung makenya gimana kak 😦 hikss

  3. Baca terjemahannya yah mbak. Kalau baca versi aslinya bisa nggak? Biasanya, apalagi untuk kelas novel, membacanya dalam bahasa asli akan lebih terasa nuansa setiap kalimatnya. Kecuali kalau penerjemahnya hebat, maka nuansa-nuansa itu bisa ditransfer ke bahasa target, meskipun gak bisa 100% πŸ™‚

    Salam kenal…. πŸ™‚

  4. aku suka juga lo buku ini. aku udah baca abis dan koleksi di rumah. ketiga-ketiga novl tentang robert langdon ada semua. aku pelajari buat cerita dan simbol agama. novel -nodel itu bisa buat dokumentasi persaudaraan-persaudaraan tertutup kayak mason, templar, iluminati dan biarawan sion. very good.

Leave a Reply

