Artikel Bahasa Indonesia

owkaaaay~ hello again :DD so, here i am ! writing in front of monitor in my lovely wordpress {} soo, today i’ll share my homework about writing article. yeah, nulis artikel gitu. *okey, kita pake Bahasa Indo aja maak* jadii, ada tugas dari Bu Setra tercinta, guru BI aku buat nulis artikel. ibu ini ituuu, yak apa yah ngomongnyaaaa… banyak bacot-_– maksudnya kalo ngebahas soal itu mlenca-mlencee. masak dari soal dialog njelblusnya ke nada puisi ?-__- Stop it, Rur. that called GHIBAH! but overall, bisa dibilang aku murid kesayangannya♥ yaiayalaah, orang aku anak jurnalistik. gimana nggak jadi murid kesayangan cobaa, dikit-dikit minta tolong. tapi apalah daya, sebagai murid berbakti pastinya bakal selalu aku turutin kok buk permintaannyaaa, tapi maafkan saya apabila hati berbicara laaain (baca: mbatin!) jadii, aku itu anaknya suka mbatin orang-__- aku tau itu nggak bagus, nggak baik bahkan dosa. tapi mau gimana laageeee. nggak bisa ilaang ini kebiasaaaan><

wait, perasaan judulnya Artikel Bahasa Indonesia tapi koook ?! aku malah curhat yaaah~ yaudah laaah, kapan lagi coba curhat beginian ;)) yaudah, langsung aja aku kasiin contoh artikel ku.

(BOS) Negeri VS Swasta

Pasti semua orang di Indonesia tahu kepanjangan dan makna dari BOS. Ya, Bantuan Operasional Sekolah. Ini merupakan program pemerintah untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan cara meringankan pembayaran dari jumlah biaya yang harus ditanggung siswa. BOS sudah berlangsung selama 8 tahun, tapi apa kita sudah merasakan dampaknya sebagai salah satu pengguna sekolah? Dan satu pertanyaan sederhana yang pasti terbesit di pikiran kita.. Apa dana BOS sudah tersalurkan di tangan yang benar dan dimanfaatkan secara maksimal?

Saya akan memberikan contoh nyata yang pernah saya temui. Tepatnya di daerah Sumatera Utara. Jika kamu pernah berkunjung ke provini ini, pasti anda bisa melihat perbedaan menjauh dari Sekolah Negeri dan Swasta. Mari kita fokuskan untuk SD. Melalui pengamatan yang saya lakukan, perbedaan mencolok sudah jelas terlihat dari bangunannya. Apabila sekolah swasta dindingnaya dipolesi cat terang mengilat, dinding sekolah negeri terpoleskan cat kusam menggelap. Apabila genteng sekolah swasta tersusun rapi dan mengilat diterpa sinar mentari, sekolah negeri harus rela belajar dengan tetesan air di kala hujan. Apabila lingkungan sekolah swasta damai tanpa sampah, sekolah negeri teramaikan oleh sampah berserakan. Apabila sekolah swasta meneriakkan namanaya dalam kegiatan adiwiyata, sekolah negei tidak terengar gaungnya sama sekali. Apabila sekolah swasta dipenuhi mobil yang berlalu-lalang di pagi dan siang harinya, sekolah negeri dipenuhi sepeda kayuh yang dengan setia menunggu sang empunya hingga siang tiba.

Cukup untuk fisik, bagaimana degan pembelajarannya? Menurut teman saya yang alumni SD negeri di sana begini, “Materi yang diberi guru tidak terlalu banyak, guru makan gaji buta, bahkan ada beberapa guru yang sudah membocorkan ujian terlebih dahulu.” Bandingkan dengan sekolah swasta dimana materinya banyak sekali, guru yang selalu rajin masuk kelas, ujian yang bisa dibilang susah tingkatannya, tapi saya dan teman-teman pada waktu itu berhasil mendapat nilai nyaris sempurna. Ya, guru merupakan factor terpenting di sekolah. Karena tanpa mereka, sekolah tidak ada artinya. Ironi memang. Apalagi jika kita membandingkan penampilan antara guru SD Negeri dan SD swasta. Waw! Terbilang berbeda sekali! Dimana guru swasta dihiasi muka muda ‘fresh’ tapi terkesab banyak fikiran, sedangkan guru negeri ‘sepuh’memperlihatkan sosok killer dengan batu emas di sana-sini. Kalau masalah gaji, guru swasta diupah sesuai dengan kehadirannya di sekolah. Oleh karena itu, beliau-beliau sangat semangat mengajarkan anak-anaknya. Sedangkan negeri, bisa dibilang seperti paket UNLIMITED BlackBerry atau android. Dipakai atau tidak bayarnya sama.

Dari segelintir pengamatan yang saya ulas di sini, sudahkah kamu menemukan jawabannya? Sudahkah anda tersadar bahwa kita masih perlu menanamkan Nasionalisme yang tinggi dalam setiap pengabdian yang kita lakukan? Apabila setiap orang Indonesia bisa melakukan itu sejak dini, saya fikir pendidikan kita pasti lebih maju disbanding pendidikan kita yang sekarang.

yeaaaay ! that’s my first article :DD tapi sebenernya udah pernah sih bikiin, laporan berita tapi :pp

biar aku jelasin dikit… artikel itu, merupakan penggabungan antara opini dan fakta. jadi kamu bisa nuangin opini mu akan fakta yang terjadi. fakta itu bisa banyaaaak. bisa pendidikan, kesehatan, bencana, bahkan fakta masalah cintapun bisa kamu jadiin artikel kalo kamu gabungin sama opinimu. banyak temenku ngejelasin tentang tips jugak. nah, tips juga bisa disebut artikel. terus, bagian artikel, itu ada 3. umum laah kayak yang lain: Pembuka, isi, penutup. tips dari aku, kalo bisa bikin judul dan pembuka yang asik, eye-catching(?) dan bikin orang pensaran supaya mereka jadi tergerak mbaca artikel kamu. kalo artikel ku di atas biasa aja yaaah. tapi entah mengapa tuh bisa dapet 95♥ loph you full Bu Setraaa{}

FYI, artikel aku di atas info-infonya aku dapet BENER dari temenku yang sekolah di SD negeri. dan seenggaknya, artikel ku itu bener-bener fakta-lah. tapi nggak semua SD kayak gitu kok. Tapi(lagi), mayoritas emang gitu kalo di Medan. kalo di Sidoarjo siih, nggak. malah yang Negeri yang menonjol menurutkuu♥

so, artikel gampang bikinnya dan ituuu banyak macemnyaa. kalo kalian udah SMP, pasti disuruh bikin deh sama guru kalian. sekarang aku juga punya peer lain, yaitu buat surat pembaca-__- dan aku bingung mau ngapain di surat pembaca ituuuh-__-

yaudaah, intinya udah dapet kan ya? okaaay, semoga bermanfaat yaaaa kali ini aku bagi tipsnyaaa 😀

eh bentar, hari ini aku dapet valuable thing deeeh.

“Sabar dan dunia akan ada dalam genggamanmu”

owkeeey, mungkin itu udah lama yah ada kata-kata kayak gitu. tapi aku bener-bener belajar sabar dan telaten pas ngelukis tadi. jadi, ceritanyaa(cerita lagi :pp) aku ujian praktek ngelukis hari ini. daaaaan, dari jam 12 – 18.oo itu belum selesai-selesaaaaaai~ akhirnya besok kudu aku lanjutin. hasilnya? menurutku bagus. soalnya aku ngerjainnya sabar dan bener-bener sungguh-sungguh.

owkay, the first reason i did all of that just because to making my parents proud for looking my drawing on my school’s exhibition♥

yeaah, jadi ada pameran. dan aku pengen banget supaya lukisanku masuk sanaaaa ! Pak Gatot(guru senrupku) sih belum komen, beliau cuma nyuruh aku besok dateng lagi buat nerusin lukisan. bener-bener berharap siih. tapiii, ngelihat udah banyak lukisan yang dipilih buat pameran, nyaliku ciut. bener-bener ciut-__- bener-bener pasrah dan tawakal aja deh sama Allah. semoga dikasih yang terbaik besok.

ohya, tadi.. mataku sama dia sempet ketemu dan udah. abis cerita. oke, ini masalah lain. intinya.. apa ya intinya? intinya ya aku seneng laah tadi ada kamu nemenin anak kelasmu, mbul. kamu nggak ngajak ngomong sih. emang kita pernah ngomong? NGGAK. tapi aku yakin lah, kamu ngelihat aku. yaudah ini masalah mah nggak penting dibahas, mbul. kamu.. mungkin udah tergantikan di kepalaku, tapi di hati nggak. ntah mengapa move on ke orang itu rasanya sulit. meskipun udah bener-bener broken heart aku sama thuthul, selama ini.. ya masih degdeg an kalo ada kamu. may ben i’m only the one feel it. remember your status on facebook?

“ASU, AKU NGGAK SENENG AREK E SU!”

that was when we are in 8th grade :’)) when i’m totally falling in love with you :’)) oh crap, alhamdulillah yah i ever crossed your minds ;)) udahlah, segini cukup, mbul. post ku kali ini aneh pwool. judulnya arikel bahasa Indonesia tapi malaaaah…

and i wanna say one thing that..

“Thank You For Allah Swt, that give me a chance to study at SHS 1 Sidoarjo, the place that very memorable for me to having such a wonderful friend and.. meeting someone like you.”

Advertisements

3 thoughts on “Artikel Bahasa Indonesia

  1. Hey just wanted to give you a quick heads up. The text
    in your content seem to be running off the screen in Opera.

    I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with browser compatibility but I figured I’d post to let
    you know. The design look great though! Hope you get the problem resolved soon.
    Thanks

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s